PT. Aswindo Putra Mandiri Diduga Abaikan K3 UU Ketenagakerjaan Pada Proyek Revitalisasi Pasar Pekka Pao Kabupaten Barru

hasyimhanis, 04 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BARRU– PT. Aswindo Putra Mandiri diduga telah mengabaikan keselamatan kerja, pasalnya nampak beberapa pekerja yang membangun Revitalisasi Pasar Pekka Pao tidak megunakan pengaman [helm-reg] yang berlokasi di Desa Lipaukasi Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sul-Sel. 04/12/2019.

Pembangunan Revitalisasi Pasar Pekka Pao dengan nilai Kontrak : Rp. 3.533.437.800, No. SPK. 14/KONTRAK/KUMDAG/BR/1X 2019. Jangka waktu :111( Seratus Sebelas) Hari Kalender. Sumber Dana : Tugas Pembantuan (TP) APBN T.H 2019. Pelaksana PT. Aswindo Putra Mandiri.

Pantauan Indonesiasatu.co.id di lokasi, Rabu sekitar pukul 11:02 wita(04/12) nampak beberapa pekerja tidak menggunakan Helm saat sedang melakukan pemasangan besi, plester dinding dan menaiki tiang banbu untuk pemasangan papan mal.

Di waktu yang hampir bersamaan media ini berhasil menjumpai di lokasi yang kemungkinan besar salah seorang Mandor pekerja mengatakan," itu Pak beberapa kali di tegur untuk menggunakan helm tapi dia tidak dengar," ucapanya.

Lanjut, "ini yang kita kasi kerja kurang lebih 30 orang untuk pekerja dari Bantaeng 14 dan sisanya orang lokal ada dari Jl. pasar sentral Barru, cuma karena tadi malam lembur jadi hari ini tidak semuanya masuk,"tuturnya.

Si Mandor melontarkan pertanyaan kembali ke awak media, "Anda LSM atau Wartawan ?, Ini Pak Proyeknya Pery,"Tambahnya.

Jelas dalam aturan bagi seorang pekerja dan perusahaan, keselamatan kerja menjadi hal utama, Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 ini juga diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan.

Perusahaan dan pekerja sama-sama harus mengetahui tentang keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku, salah satunya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standarisasi.

APD adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja.

APD ini terdiri dari kelengkapan wajib yang digunakan oleh pekerja sesuai dengan bahaya dan risiko kerja yang digunakan untuk menjaga keselamatan pekerja sekaligus orang di sekelilingnya.

Kewajiban ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri Dan pengusaha wajib untuk menyediakan APD sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pekerjanya.

(K/A/H/barru.indonesiasatu.co.id)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu