Sudah Hujan, Masih Ada Kampung di Kabupaten Barru Kekurangan Air Bersih

hasyimhanis, 03 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BARRU- Sudah berbulan bahkan sudah hujan pipa jaringan air bersih tak mengalir di Kampung Paddippung, Geroe Dusun Parenring Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru provinsi Sulawesi Selatan,(3/12/2019).

Sejumlah warga merasa geram karna jaringan pipa yang terpasang dirumah warga ada tapi air tidak mengalir hingga warga bersusah payah menadah air hujan dan pikul sini pikul sana untuk mendapatkan air kebutuhan cuci, mandi dan dapur.

Patut kita ketahui bahwa pemerintah itu pelayan masyarakat (public service function) bukan tutup mata rakyat menderita dengan kekurangan air bersih.

Kecemburuan besar menyorot sumber air dari Tanete Riaja "Wae Sai" sebagian warga setempat tidak menikmatinya.

Pemerintah juga harus peduli kesehatan masyarakatnya dengan membangunkan sarana air bersih untuk warga tersebut karna pemerintah adalah pembangunan (development function).

Kritikan ini tidak boleh ada intimidasi warga baik dampak politik atau lainnya karna pemerintah juga sebagai perlindungan (protection function) maka dari itu pemerintah setempat harus memikirkan warga yang berada di daerah tersebut agar kiranya ada solusi terbaik untuk bagaimana warga mendapatkan air bersih karna jaringan pipa sudah ada untuk warga tersebut tapi nampaknya hanya kran air terbuka tanpa air.

Pihak terkait perlu ketahui bahwa terpasangnya jaringan pipa air bersih kerumah warga kampung tersebut tidak pasang gratis tapi mengeluarkan dana jutaan ke pegawai PDAM tanpa kwitansi.

Hari ini warga bingung dengan jaringan pipa air bersih tersebut apakah milik PDAM atau milik Pemerintah desa nampak tidak ada pemeliharaan.

-Sumber dan editor: warga setempat hasyim tim redaktur indonesiasatu.co.id.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu